Jumat, 15 Mei 2020

Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui saat Memilih Oli Mobil


Oli memiliki peranan penting untuk kendaraan Anda. Pasalnya, tugas utama oli adalah  melumasi mesin kendaraan supaya tetap bekerja dengan optimal. Salah saja memilih oli mesin mobil, tentu bisa membuat performa dan tenaga mesin menurun. Biasanya, montir yang ada di bengkel-bengkel mobil merekomendasikan oli yang sesuai untuk mesin mobil Anda. Namun tetap saja, sebagai pemilik kendaraan, Anda wajib memilih oli mesin terbaik untuk kendaraan Anda, seperti pilihan produk dalam situs berikut http://ilti.idemitsu.com/product-category/oli-mesin-mobil/.

Sebelum memilih oli, pastikan beberapa hal di bawah ini agar oli yang Anda pilih cocok untuk mobil kesayangan Anda:

1. Ketahui Karakter Mesin Mobil

Cara termudah yang bisa Anda lakukan saat memilih oli mobil yang tepat ialah dengan mengecek manual book-nya. Buku yang berisi informasi tentang spesifikasi mesin beserta jenis oli kendaraan yang tepat ini biasanya disertakan saat pembelian mobil Anda. . Adapun hal terpenting di sini ialah kecocokan antara mesin kendaraan dan kualitas olinya itu sendiri.

2. Perhatikan Kekentalan Oli

Meskipun memiliki fungsi yang sama, oli tidak bisa melindungi mesin dengan maksimal apabila kandungan di dalamnya tak sesuai dengan karakter kendaraan Anda. Perbedaan tersebut biasanya bisa dilihat dari kekentalan cairan pada oli. Adapun tingkat kekentalan atau viscosity-grade tersebut biasanya ditunjukkan berdasarkan nomor SAE (Society of Automotive Engineer).

Jika angka yang terletak di belakang kode SAE tersebut lebih besar, biasanya menunjukkan bahwa konsentrasi cairan olinya pun lebih kental. Misalnya saja, ada oli yang berkode SAE 10W-30, ini artinya oli tersebut mempunyai kekentalan 10 dalam suhu dingin, sedangkan pada suhu 100oC kekentalannya 30.

3. Perhatikan Bahan Pembuatan Oli

Oli mesin mobil biasanya terdiri dari 2 jenis yang menyesuaikan bahan pembuatannya. Yang pertama adalah jenis oli sintetis. Oli ini biasanya dibuat dari kandungan bahan-bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Sedangkan yang kedua adalah  jenis oli mineral hasil ekstraksi dari minyak bumi yang lebih alami.

Oli sintetis bisa bekerja lebih maksimal saat digunakan pada mobil produksi pabrikan baru. Adapun kelebihannya yaitu tahan gesekan sehingga bisa melumasi mesin lebih baik, memiliki kadar penguapan yang lebih rendah sebab cenderung stabil saat terpapar suhu tinggi, tetap menjaga kebersihan pada mesin kendaraan dengan kandungan detergen di dalamnya, dan lebih ekonomis.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda memilih oli mesin untuk mobil Anda. Idemitsu adalah merek oli mesin mobil yang dapat diandalkan. Anda bahkan bisa memilih varian oli Idemitsu sesuai dengan karakter mesin kendaraan, karena Idemitsu sendiri menawarkan produk-produk oli untuk tiap jenis mobil, baik itu diperuntukkan pada mobil LCGC, maupun berbagai jenis mobil 

0 komentar:

Posting Komentar