Minggu, 19 Mei 2019

Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah dan Tepat


Mengetahui usia kehamilan sangat penting untuk mengetahui hari perkiraan lahir. Asupan nutrisi pun sangat bergantung pada usia kehamilan. Saat ini sudah banyak cara untuk menentukan usia kehamilan Anda. Berikut ini salah satu cara menghitung usia kehamilan dengan mudah dan tepat.

Usia Kehamilan
Usia kehamilan atau gestational age adalah panjang masa kehamilan yang dihitung sejak hari pertama periode haid terakhir (HPHT). Usia kehamilan umumnya dinyatakan dalam hitungan minggu dan hari agar lebih terperinci. Masa kehamilan adalah masa dimana janin melewati segala fase pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ dan jaringan.

Setiap fase memiliki kebutuhan dan perlakuan yang berbeda. Oleh karenanya mengetahui usia kehamilan secara tepat dan akurat sangatlah penting untuk menentukan asupan nutrisi dan terapi yang harus dilakukan pada masa kehamilan tersebut. Mengetahui usia kehamilan juga Anda dapat menetukan waktu yang tepat untuk konsultasi dan skrining kondisi janian.

Tak hanya itu, dengan mengetahui usia kehamilan Anda juga bisa mengetahui resiko apa yang mungkin terjadi pda setiap tahap kehamilan. sehingga Anda bisa lebih hati-hati dan dapat melakukan proses pencegahan. Menghitung usia kehamilan yang umumnya menentukan pula hari perkiraan lahir dapat Anda lakukan dengan cara-cara berikut ini.

Metode Kalender
Perhitungan usia kehamilan berdasarkan metode kalender ini mengacu kepada hari pertama haid terakhir (HPHT). HPHT akan dijadikan tanggal acuan sebagai hari pertama kehamilan. hal ini berdasarkan asumsi bawa konsepsi atau pembuahan terjadi pada hari ke-14 siklus menstruasi dan dari situlah usia kehamilan bisa diperkirakan.

Namun perhitungan ini memiliki kekurangan karena tak semua wanita memiliki siklus menstruasi normal (28 hari) dan waktu ovulasi setiap orang akan sangat bervariasi. Ditambah lagi terkadang orang tidak ingat kapan terakhir kali menstruasi. Jika Anda mengingat HPHT anada, Anda bisa melakukan perhitungan sendiri di rumah dengan rumus Neagele.

Cara menghitungnya cukup mudah tentukan kapan HPHT Anda, misal 15 juni 2019. Kemudian tanggal nya Anda tambah 7, bulannya Anda kurangi 3 dan tahunnya Anda tambah 1. Contoh perhitungannya adalah (15+7), (5-3), (2019+1). Maka perkiraan hari kelahiran Anda 22 februari 2020. Usia kandungan sendiri dapat dihitung dengan HPHT sebagai hari pertama kehamilan.

Pemeriksaan USG
Salah satu cara menenetukan usia kehamilan adalah dengan Utrasonography (USG). Metode ini dianggap paling akurat dibanding cara kalender, namun permeriksaan ini harus dilakukan oleh tenaga ahli. Tingkat akurasi perhitungan ini mencapai 95%. 

Umumnya dokter akan menyarankan USG pada minggu ke-8 dan ke-18. Perhitungan ini dilakukan dengan mengukur diameter kantong kehamilan pada 6-12 minggu, mengukur penjang janin dari kepala sampai bokong pada minggu ke-7 hingga ke-14 dan mengukur lingkar kepala janin pada usia kehamilan di atas 12 minggu.

Nah itulah beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan serta hari perkiraan lahir. Semoga bahasan di atas bisa bermanfaat dan proses kehamilan Anda bisa berjalan dengan lancar. Berbagai informasi tentang ibu dan anak dapat Anda baca di Orami Magazine dengan mengunjungi laman orami.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar