Kamis, 11 April 2019

Mastitis adalah Infeksi Payudara, Busui Harus Kenali Gejalanya!


Mastitis adalah infeksi yang terjadi pada payudara dan umumnya dialami oleh ibu yang sedang menyusui. Penyebab utamanya adalah tersumbatnya kelenjar air susu, sehingga ASI menjadi terperangkap dalam payudara. Selain itu kontaminasi bakteri dari mulut bayi juga memicu mastitis terjadi. Jika Anda sedang berada di fase menyusui, gejala mastitis berikut sangat perlu Anda kenali. 

1. Payudara Membengkak
Saat payudara Anda terinfeksi dalam keadaan Anda yang sedang menyusui, maka ASI tidak bisa keluar secara normal. Hal ini menyebabkan ASI bertumpuk di dalam payudara Anda. Payudara menjadi membengkak dan dipenuhi oleh ruam kemarahan. Saat dipegang, akan terasa nyeri pada payudara Anda dan juga timbul sensasi panas. 

2. Sakit Saat Menyusui
Infeksi yang terjadi pada payudara di masa menyusui Anda, memicu rasa sakit saat bayi Anda tengah menyusu. Sakit dan nyeri yang Anda alami, biasanya membuat Anda berpikiran untuk berhenti sementara untuk menyusui bayi Anda. Anda pun takut kesehatan bayi Anda akan terpengaruh karena menyusu dalam keadaan payudara Anda yang terinfeksi bakteri. 

3. Demam Tinggi
Mastitis biasanya disertai dengan demam tinggi, mencapai hinggai 38 derajat Celsius. Seluruh tubuh Anda juga turut merasa tak nyaman, walau infeksi hanya terjadi di bagian payudara. Saat payudara bengkak dan sakit saat menyusui disertai dengan demam panas yang tinggi, jangan tunggu lama untuk segera menemui dokter. 

4. Jarang Menyerang Kedua Payudara
Mastitis adalah penyakit yang biasanya hanya menyerang satu payudara saja. Namun, ini tak menutup kemungkinan kedua payudara Anda bisa sama-sama terkena infeksi. Saat salah satu payudara Anda sudah terkena infeksi, usahakan untuk mencegahnya terjadi pada payudara lainnya. Anda bisa memijatnya secara teratur, agar proses pengeluaran ASI tak mengalami hambatan.    

5. Ruam Merah pada Permukaan Payudara
Ruam kemerahan sama-sama muncul saat seseorang terjangkit mastitis atau kanker payudara. Lalu apa yang membedakannya? Ruam kemerahan yang muncul akibat kanker payudara akan berbentuk seperti gigitan serangga. Pada mastitis, ruam kemerahan ini akan membentuk pola tertentu yang mudah untuk dikenali, seperti pola sebuah irisan.

6. Mengeluarkan Cairan Nanah
Payudara yang dibiarkan saja terinfeksi dan tak segera diobati akan menjadi kronis keadaannya. Alhasil, nanah bisa keluar dari payudara. Cairan asing pun berisiko keluar dari puting Anda. Saat sudah mencapai tahap ini, sakit yang Anda rasa akan berlipat ganda.  Infeksi payudara yang sudah mencapai tahap kronis biasanya hanya bisa diatasi dengan cara melakukan operasi. 

Mastitis adalah infeksi yang bila dibiarkan tanpa penanganan bisa berakibat fatal. Anda bisa meminta penjelasan pada dokter di orami.co.id, terkait dengan gejala asing yang timbul pada payudara Anda. Jika penjelasan yang diberikan mengarah pada kemungkinan mastitis, segeralah periksakan diri Anda pada klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan. 

0 komentar:

Posting Komentar